m-MAIL KKP

Info Media

Sail Komodo 2013 Dihelat Mulai 4 Agustus
10/04/2013 - Kategori : Info Media
Sail Komodo 2013 Dihelat Mulai 4 Agustus
 
JAKARTA - Event bahari terbesar di Indonesia kembali digelar. Sail Komodo 2013 resmi diluncurkan dengan tema “Jembatan Emas Menuju Nusa Tenggara Timur Menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia”.
 
Kegiatan bahari terbesar di Indonesia, Sail Komodo, kembali digelar. Perhelatan akbar berskala internasional ini akan berlangsung mulai 4 Agustus hingga 14 September 2013 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Sail Komodo 2013 merupakan wujud dari komitmen pemerintah untuk menjadikan Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu destinasi wisata dunia.
 
“Sail Komodo 2013 merupakan event internasional yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah, terutama dari sektor pariwisata bahari agar NTT menjadi destinasi wisata dunia,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo saat jumpa pers peluncuran Sail Komodo 2013 di Jakarta, Senin (8/4/2013) malam.
 
Seperti event sebelumnya, Sail Komodo 2013 mengusung tema tersendiri yaitu, “Sail Komodo 2013: Jembatan Emas Menuju Nusa Tenggara Timur Menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia”. Acara peluncuran juga dilakukan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.
 
“Sail Komodo 2013 ini merupakan upaya percepatan pembangunan di daerah kepulauan. Meskipun secara khusus belum ada riset, namun setelah sail dilakukan di beberapa daerah, ada peningkatan arus wisatawan dan mendorong investasi-investasi baru sehingga berdampak pada masyarakat setempat,” ujar Agung.
Sail Komodo 2013 merupakan event bahari kelima sejak pertama kali diselenggarakan pada 2009. Sail Komodo 2013 turut mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
 
“Adanya sail ini berpengaruh juga terhadap kunjungan pariwisata. Kalaupun ada pengurangan, maka kita harus menambah beragam aktivitas baru untuk mepertahankan wisatawan,” sahut Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf Firmansyah Rahim.
 
Gubernur NTT pun menyambut baik kesempatan untuk menjadi tuan rumah Sail Komodo 2013. Bahkan, berbagai infrastruktur serta akses menuju tempat-tempat wisata sudah disiapkan untuk menyambut para peserta.
 
“Sail Komodo 2013 akan terasa berbeda karena para peserta akan melihat komodo yang memang hanya hidup di Indonesia bagian timur saja. Sebenarnya, NTT memiliki begitu banyak potensi pariwisata tidak hanya komodo. Oleh karena itu, Sail Komodo 2013 diharapkan akan menjadi gerbang menuju berbagai sektor pariwisata NTT,” pungkas Gubernur NTT Frans Lebu Raya.
 
 
Sumber: OKEZONE.COM Tanggal 09 April 2013 Hal.1





Tulisan Terkait