m-MAIL KKP

Info Daerah

"KETINTING SAYA YANG SUDAH DIGUDANGKAN SELAMA 10 TAHUN AKHIRNYA BISA MELAUT LAGI"
10/06/2011 - Kategori : Info Daerah
“...... KETINTING SAYA YANG SUDAH DIGUDANGKAN SELAMA 10 TAHUN AKHIRNYA BISA MELAUT LAGI……”

Ungkapan di atas sempat terekam oleh kami (panitia) dari salah seorang peserta pelatihan Perawatan Motor Bensin 4 Tak yang diselenggarakan di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo baru – baruini. Di sela – selakegiatan praktek, “Gumantri Maatuji” peserta pelatihan yang berasal dari Desa Pentadu Barat menyatakan “Kami sangat senang dan bangga mengikuti kegiatan ini dan kami terpacu untuk lebih maju lagi. Berkat pelatihan ini, katinting saya yang sudah digudangkan selama 10 tahun akhirnya bisa melaut lagi”. Lebih lanjut Gumantri mengucapkan banyak terima kasih kepada para pelatih yang telah memberikan pengetahuan sehingga mereka mampu melakukan perawatan pada motor katinting yang mereka miliki.Mewakili nelayan Tilamuta, Gumantri berharap kepada Pemerintah Kabupaten Boalemo dan Balai Diklat Perikanan Aertembaga untuk dapat memberikan pelatihan – pelatihan lanjutan di masa mendatang....

Pelatihan Perawatan Motor Bensin 4 Tak yang diselenggarakan di Balai Nelayan, Kompleks TPI/ PPI Tilamuta pada tanggal 26 sampai dengan 31 mei 2011 ini dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Boalemo Ir. Mans Mopangga. Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan bahwa peserta pelatihan ini sebagian besar adalah nelayan penerima bantuan motor katinting dari dua kelompok nelayan yaitu Goropa dan Tunas Mekar, besar harapan setelah mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan perawatan motor bensin 4 tak, usia pakai motor katinting tersebut menjadi lebih lama dan tidak cepat dibesituakan.

Lebih lanjut Kepala Dinas berpesan kepada peserta agar bersungguh – sungguh mengikuti setiap kegiatan dalam pelatihan ini sehingga tujuan yang diutarakan diatas dapat tercapai.

Acara pembukaan dihadiri pula oleh Camat Tilamuta, Drs. S. Saidi. Senada dengan Kepala Dinas, Drs. Saidi menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Diklat Perikanan Aertembaga yang telah mengalokasikan salah satu kegiatan pelatihan di Kec. Tilamuta Kab. Boalemo. Ia juga berharap agar para nelayan yang mengikuti pelatihan dapat menyerap ilmu pengetahuan dan keterampilan dari para widyaiswara / instruktur yang nantinya akan dipraktekkan dalam pekerjaan sehari – hari.

Berkaitan dengan kegiatan pelatihan, kurikulum pelatihan ini adalah berbasis kompetensi yang disusun berdasarkan hasil Analisa Kebutuhan Pelatihan (AKP) terhadap calon peserta pelatihan. Jumlah jam pelatihan (JP) adalah 54 Jam dengan komposisi 30 % teori dan 70 % praktek.  Materi inti yang dilatihkan adalah Motor bensin 4 tak, Sistem bahan bakar, Sistem pelumasan, Sistem pendinginan, Mekanisme katup, Sistem kelistrikan dan Perawatan motor bensin 4 Tak.

Pemberian materi di kelas dilakukan di gedung Balai Nelayan, sedangkan kegiatan praktek dilakukan di areal gedung Perbaikan Alat Tangkap.  Dapat dilihat disini bahwa pada saat praktek antusias peserta meningkat dibandingkan dengan pada saat pemberian materi dikelas.Secara bergantian para peserta yang haus akan pengetahuan ini seolah sedang di pacu untuk bertanya kepada para pelatih tentang bagian – bagian motor katinting dan cara kerjanya.

Saat pelatihan berlangsung, para peserta di bagi atas 4 (empat) kelompok dengan masing – masing motor katinting. Adapun motor katinting sebagai sarana praktek ini adalah milik 4 (empat) orang peserta yaitu Gumantri Maatuji, Usman Lamusu, Ismail Dukalang dan Kun N. Tuna yang sekaligus menjadi koordinator di kelompok mereka.Perlu diketahui bahwa keempat motor katinting ini rata – rata sudah digudangkan selama 5 – 10 tahun karena rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Disamping itu mereka sudah mendapat motor katinting ‘bantuan’ baru dari Dinas.

Di akhir kegiatan praktek terlihat wajah – wajah senang dari para pemilik motor katinting. Karena pada saat dibawa seluruh motor dalam keadaan mati bahkan salah satunya hanya tersisa crankcase. Namun setelah dilakukan perawatan, keempat  motor tersebut dapat dioperasikan lagi dan siap digunakan melaut.

Pelatihan ditutup pada tanggal 31 Mei 2011 oleh Kepala Balai Diklat Aertembaga, Pola S.T. Panjaitan, A.Pi., MM. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa Balai Diklat Perikanan Aertembaga yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, memiliki tugas menyiapkan SDM nelayan/ pelaku utama perikanan agar memiliki pengetahuan dan menjadi terampil dalam tehnik perawatan motor bensin 4 tak. Dari keterampilan yang diperoleh tersebut diharapkan para nelayan dapat menjadi mandiri dan pada akhirnya menjadi sejahtera.

Kepala Balai juga memberikan apresiasi kepada para peserta atas antusias dan semangat dalam mengikuti pelatihan, dan hal ini menunjukkan adanya indikasi bahwa kegiatan pelatihan semacam inilah yang dibutuhkan oleh nelayan, khususnya di Tilamuta.

Akhirnya sebelum menutup pelatihan Kepala Balai berpesan kepada peserta agar apa yang didapatkan dalam pelatihan ini dapat dimanfaatkan dalam profesi sehari – hari dan senantiasa melakukan pengembangan pengetahuan dan keterampilan diri untuk menjadi seorang nelayan yang mandiri dan sejahtera.***






Sumber : Humas BPPP Aertembaga

Tulisan Terkait