m-MAIL KKP

Berita

PEMBEKALAN BAGI PENYULUH PERIKANAN TENAGA KONTRAK (PPTK) ANGKATAN IV DI YOGYAKARTA
09/06/2008 - Kategori : Berita
PEMBEKALAN BAGI PENYULUH PERIKANAN TENAGA KONTRAK (PPTK)
ANGKATAN IV DI YOGYAKARTA


Pembekalan Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak Angkatan IV  telah dilaksanakan pada tanggal 26 s/d 28 Mei 2008 di Hotel ”Galuh Anindita”, Yogyakarta. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Drs. Wahid Salim, M.Soc.Sc, Bc Hk, selaku Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan DKP RI Bidang Sumber Daya Manusia. Kegiatan pembekalan PPTK di Yogyakarta dihadiri juga oleh Kepala Pusat Pengembangan Penyuluhan BPSDM KP, Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bantul dan Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Sleman.
 
Bapak Drs. Wahid Salim, M.soc.Sc, Bc Hk, dalam arahannya menyampaikan bahwa saat ini kekurangan  tenaga penyuluh perikanan cukup besar yaitu kurang lebih 8.000 orang dari kebutuhan sebanyak 12.280 tenaga penyuluh. Rekruitmen melalui pengangkatan penyuluh perikanan CPNS belum dapat dilakukan paling tidak sampai ditetapkanya nomenklatur jabatan fungsional penyuluh perikanan tersendiri oleh MenPan. Mudah mudahan di tahun 2008 ini kita sudah memiliki nomenklatur jabatan penyuluh perikanan itu, karena usulan DKP tentang PERATURAN MENTERI  PAN TENTANG JABATAN FUNGSIONAL PENYULUH PERIKANAN telah diajukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan tanggal 31 Maret 2008. Karena belum dapat merekruit CPNS Penyuluh Perikanan, salah satu upaya untuk pemenuhan kebutuhan penyuluh perikanan itu kita lakukan melalui rekruitmen PPTK, sambung beliau.

Peserta yang mengikuti pembekalan PPTK Angkatan IV ini sebanyak 50 orang, yang berasal dari 5 provinsi, 38 Kab/Kota yaitu Kab. Batang 1 org, Kab. Blora 1 org, Kab. Boyolali 2 org, Kab. Demak 1 org, Kab. Jepara 1 org, Kab. Kudus 1 org, Kab. Pekalongan 2 org, Kab. Rembang 2 org, Kab. Semarang 2 org, Kab. Tegal 3 org, Kab. Sragen 1 org, Kab. Purbalingga 1 org, Kab. Wonogiri 1 org, Kab. Wonosobo 1 org, Kota Semarang 2 org, Kota Pekalongan 3 org, Kota Tegal 2 org, Kab. Temanggung 2 org, Kota Surakarta 1 org, Kab. Grobogan 1 org, Kab. Blitar 1 org, Kab. Magetan 1 org, Kab. Ngawi 1 org, Kota Batu 1 org, Kab. Bantul 1 org, Kab. Gunung Kidul 1 org, Kab. Kulonprogo 1 org, Kab. Sumbawa 1 org, Kab. Sumbawa Barat 1 org, Kab. Mataram 1 org, Kab. Ende 1 org, Kab. Flores Timur 1 org, Kab. Kupang 1 org, Kab. Ngada 1 org, Kab. Sumba Barat 1 org, Kab. Lembate 1 org, Kab. Manggarai 2 org dan Kab. Manggarai Barat 1 org.

Materi yang diberikan dalam pembekalan PPTK di Yogyakarta ini terdiri dari materi umum, materi inti serta materi penunjang. Materi inti merupakan materi yang berkaitan tentang teknik/metode penyuluhan dan materi penunjang merupakan materi yang dapat menunjang kegiatan penyuluhan di lapangan. Materi inti dan materi penunjang diberikan oleh nara sumber dari Pusbangluh KP dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Yogyakarta. Sedangkan materi umum diberikan oleh nara sumber dari lingkup eselon 1 DKP (Ditjen Perikanan Tangkap, Ditjen KP3K dan Ditjen P2HP)sesuai dengan programnya di masing-masing daerah yang perlu mendapat pengawalan dari PPTK di lapangan.


SUMBER : PUSBANGLUH, BPSDM KP

Tulisan Terkait