m-MAIL KKP

Berita

PENGHARGAAN ADIBAKTI MINA BAHARI BIDANG PERIKANAN TANGKAP TINGKAT NASIONAL TAHUN 2009
29/04/2009 - Kategori : Berita

DEPARTEMEN KELAUTAN DAN PERIKANAN
DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP


PENGHARGAAN ADIBAKTI MINA BAHARI
BIDANG PERIKANAN TANGKAP TINGKAT NASIONAL
TAHUN 2009

 

Dalam rangka meningkatkan peran usaha perikanan tangkap skala kecil dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan, serta sebagai wujud penghargaan pemerintah kepada masyarakat/lembaga atas peranserta aktif, kontribusi dan kepedulian dalam pembinaan dan pengembangan usaha perikanan tangkap skala kecil, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Departemen Kelautan dan Perikanan akan menyelenggarakan pemilihan pemangku kepentingan teladan yang dinilai layak untuk menerima penghargaan Adibakti Mina Bahari Bidang Perikanan Tangkap.

I. Kategori Penghargaan

  1. Nelayan Teladan.
    Diberikan kepada Nelayan yang dinilai berhasil dan mempunyai komitmen dalam usaha perikanan tangkap skala kecil serta telah memberikan kontribusi bagi masyarakat dan/atau pengelolaan kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.

  2. Tokoh Penggerak Pembangunan Perikanan Tangkap Teladan.
    Diberikan kepada Tokoh Masyarakat dalam suatu kelompok yang diakui dan dinilai mempunyai komitmen dalam pembangunan perikanan tangkap yang dinilai berhasil serta telah memberikan kontribusi bagi masyarakat dan/atau pengelolaan kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.

  3. Perusahaan Perikanan Teladan.
    Diberikan kepada Perusahaan Perikanan yang dinilai mempunyai komitmen dalam mendukung pengembangan usaha perikanan tangkap skala kecil, serta telah memberikan kontribusi bagi masyarakat, pembangunan perikanan tangkap dan/atau pengelolaan kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.

  4. Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap Teladan.
    Diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap yang dinilai berhasil dalam pengembangan usaha (jenis dan skala) serta memberikan dampak positif dalam peningkatan pendapatan anggotanya.

  5. Penyelenggara Pelelangan Ikan Teladan.
    Diberikan kepada Lembaga Penyelenggara Pelelangan Ikan yang dinilai berhasil dalam penyelenggaraan kegiatan pelelangan ikan serta memberikan dampak positif dalam peningkatan nilai tambah bagi nelayan.
     

  6. II. Kriteria Calon Penerima Penghargaan

    1. Nelayan Teladan : (a) Nelayan perorangan; (b) Memiliki mata pencaharian utama sebagai nelayan; (c) Memiliki kapal penangkapan ikan dengan jumlah tonnase kapal keseluruhan maksimal 30 gross tonnage; (d) Kegiatan penangkapan ikan yang dilakukan tidak bertentangan dengan peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku; (e) Saat ini masih berprofesi sebagai nelayan dan telah melakukan kegiatan penangkapan ikan sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun terakhir secara terus menerus; (f) Memiliki komitmen dalam pengembangan usaha perikanan tangkap skala kecil dan menjadi teladan bagi nelayan/masyarakat sekitar; (g) Memberikan kontribusi bagi kemajuan pembangunan perikanan tangkap skala kecil di lingkungannya; (h) Memberikan dampak positif terhadap peningkatan kondisi sosial/budaya, ekonomi bagi keluarga dan/atau masyarakat sekitarnya serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.

    2. Tokoh Penggerak Pembangunan Perikanan Tangkap Teladan : (a) Perorangan yang memiliki aktivitas di bidang perikanan tangkap; (b) Memiliki komitmen dalam mendorong kemajuan pembangunan perikanan tangkap pada skala daerah atau nasional, memiliki pengaruh dan menjadi teladan bagi nelayan/masyarakat sekitar; (c) Memahami dan mematuhi peraturan dan perundangan-undangan khususnya di bidang perikanan tangkap; (d) Diterima oleh masyarakat sebagai orang yang dapat memotivasi masyarakat sekitarnya untuk bekerjasama dalam kegiatan perikanan yang bertanggungjawab; (e) Memberikan kontribusi serta dapat dilihat hasilnya bagi kemajuan pembangunan perikanan tangkap, masyarakat dan/atau pengelolaan kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan sehingga dapat mewujudkan kelangsungan kegiatan perikanan untuk sekarang dan akan datang; (f) Memberikan dampak positif terhadap peningkatan kondisi sosial/budaya, ekonomi bagi keluarga dan/atau masyarakat sekitarnya serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.

    3. Perusahaan Perikanan Teladan : (a) Merupakan perusahaan nasional : BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta Nasional, Perusahaan Perorangan; (b) Mempunyai usaha dibidang penangkapan ikan; (c) Memiliki komitmen dalam kemajuan pembangunan perikanan tangkap dan menjadi teladan bagi perusahaan perikanan lainnya; (d) Memberikan kontribusi dalam pembangunan perikanan tangkap skala kecil, masyarakat dan/atau pengelolaan kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan; (e) Memahami dan mematuhi peraturan dan perundangan-undangan khususnya di bidang perikanan tangkap.

    4. Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap Teladan : (a) Merupakan Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan; (b) Menjalankan kegiatan usaha dibidang perikanan dan memiliki Sertifikat Pengukuhan Kelas Kelompok “Utama” yang minimal diterbitkan pada tahun sebelumnya; (c) Memiliki komitmen dalam kemajuan pembangunan perikanan tangkap dan menjadi teladan bagi KUB lainnya; (d) Memberikan kontribusi serta dapat dilihat hasilnya terhadap peningkatan pendapatan bagi anggota kelompok dan memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.

    5. Penyelenggara Pelelangan Ikan Teladan : (a) Merupakan penyelenggara pelelangan ikan baik Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi/Kabupaten/Kota, Koperasi atau Badan Usaha lainnya di seluruh Indonesia; (b) Telah menyelenggarakan kegiatan pelelangan ikan minimal 1 (satu) tahun; (c) Telah melaksanakan prinsip-prinsip penyelenggaraan pelelangan ikan : Kebersihan, Keamanan dan Ketertiban (K3); (d) Memberikan kontribusi serta dapat dilihat hasilnya terhadap peningkatan ekonomi nelayan dan masyarakat sekitarnya 

    III. Mekanisme Pengusulan

    1. Calon penerima penghargaan Adibakti Mina Bahari Bidang Perikanan Tangkap diusulkan oleh Pelabuhan Perikanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi/Kabupaten/Kota, Organisasi/Asosiasi Perikanan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Perguruan Tinggi kepada Direktur Jenderal Perikanan Tangkap u.p Panitia Nasional Adibakti Mina Bahari Bidang Perikanan Tangkap.

    2. Untuk calon kategori Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap Teladan dan Penyelenggara Pelelangan Ikan Teladan diusulkan oleh Pelabuhan Perikanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap atau Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi berdasarkan usulan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota.

    3. Masing-masing pengusul hanya boleh mendaftarkan 1 (satu) calon untuk tiap-tiap kategori penghargaan, dan apabila calon yang sama diusulkan lebih dari 1 (satu) kategori, maka Panitia Penilai berhak memutuskan usulan yang dianggap paling layak

    IV. Persyaratan pengusulan

    1. Mengisi formulir-formulir pengusulan (dapat diperoleh melalui situs internet www.pupi.dkp.go.id).

    2. Melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) nelayan/tokoh/ketua kelompok/pimpinan perusahaan, pas foto terbaru, piagam/sertifikat penghargaan yang dimiliki, foto/gambar kegiatan.

    3. Bagi Perusahaan perikanan/KUB/penyelenggara pelelangan ikan, melampirkan fotokopi dokumen legalitas izin-izin kegiatan usaha.

    4. Membuat uraian singkat (selayang pandang) tentang kegiatan yang telah dilakukan.

    5. Seluruh berkas dikirimkan kepada :


      Direktur Jenderal Perikanan Tangkap
      u.p. Sekretariat Panitia Nasional
      Adibakti Mina Bahari Bidang Perikanan Tangkap Tahun 2009

      Gedung Mina Bahari II
      Jl. Medan Merdeka Timur No. 16, Lt. 16, Jakarta Pusat 10110
      Telp. (021) 351 9070 pswt. 1615 atau Telp./Fax. (021) 352 2173
      Website :
      www.pupi.dkp.go.id.  


V.  Waktu Pengusulan Calon Penerima Penghargaan


Pengusulan calon penerima penghargaan dibuka sejak tanggal 27 April 2009, berkas pengusulan harus sudah diterima panitia pada tanggal 25 Mei 2009. Usulan yang masuk kepada panitia setelah tanggal tersebut tidak akan diikutkan dalam proses seleksi dan penilaian.

VI. Mekanisme Seleksi dan Penilaian

  1. Panitia akan melakukan seleksi adminstrasi terhadap usulan yang masuk untuk menentukan daftar nominasi calon penerima penghargaan.
  2. Tim Penilai akan melakukan penilaian lapang untuk melihat secara langsung kegiatan yang telah dilakukan oleh calon yang diusulkan.
  3. Hasil seleksi dan penilaian adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

    Informasi lebih detail serta formulir-formulir pendaftaran dapat diperoleh melalui situs internet :
    Direktorat Pengembangan Usaha Penangkapan Ikan
    www.pupi.dkp.go.id.


    Menyetujui,
    Kasubdit Pembinaan Pengelolaan Usaha

    ttd

    Hardono

     

Lampiran Formulir


Tulisan Terkait