Siaran Pers

DEKIN GANDENG PERPUSNAS KEMBANGKAN INFORMASI DAN KAJIAN BIDANG KELAUTAN
04/07/2013 - Kategori : Siaran Pers

No. 85/PDSI/HM.310/VII/2013

DEKIN GANDENG PERPUSNAS KEMBANGKAN INFORMASI
DAN KAJIAN BIDANG KELAUTAN 
 
     Kerjasama Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) bertujuan untuk mengembangkan perpustakaan di lingkungan Dewan Kelautan Indonesia secara terpadu dan berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan bagi masyarakat. Sebagai lembaga yang bertugas memberikan pertimbangan kepada Presiden mengenai kebijakan umum di bidang kelautan sebagaimana diamanatkan dalam Keppres No.21/2007, DEKIN memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan masyarakat. Demikian disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo selaku Ketua Harian DEKIN pada saat penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama antara Kepala Perpusnas Sri Sularsih dengan Sekretaris DEKIN Dedy H. Sutisna di Auditorium Perpusnas Jakarta. (2/7)
 
            Sharif menjelaskan, DEKIN memiliki kewajiban untuk secara ilmiah mendidik dan memberikan ilmu serta pengetahuan kepada generasi muda khususnya dalam mengubah mindset masyarakat terhadap jati diri Indonesia sebagai negara kepulauan. Bukan lagi land based oriented tetapi marine based oriented. “Anak-anak harus secara terus menerus diberikan pemahaman bahwa laut adalah aset bangsa sehingga wajib untuk dikelola dengan baik,” ujarnya. 
 
            Ditambahkan, pengelolaan dan pemanfaatan potensi sumberdaya laut jika dilakukan secara optimal diperkirakan mencapai 1,2 Triliun US$/tahun. Ini tentu saja lebih besar dibandingkan dengan APBN. "Oleh sebab itu, melalui pengembangan kerjasama antara DEKIN dengan Perpusnas diharapkan dapat akan memberikan dampak yang positif yaitu mewujudkan penyebarluasan informasi mengenai nilai-nilai kelautan sampai ke perpustakaan yang ada di daerah sesuai dengan standar perpustakaan yang baik sehingga mampu mencerdaskan bangsa," ucapnya.    
 
            Sementara itu, Kepala Perpusnas Sri Sularsih sangat menyambut baik terjalinnya kerjasama tersebut. "Penandatangan naskah kesepakatan bersama tersebut merupakan landasan bagi pengembangan sumberdaya perpustakaan di lingkungan DEKIN secara terpadu dan berkelanjutan sehingga pengembangan perpustakaan di Indonesia menjadi lebih cepat, berdayaguna bagi masyarakat, dan sesuai dengan arah kebijakan nasional," tambahnya.
 
            Sri Sularsih juga mengharapkan kerjasama antara DEKIN dan Perpusnas dapat mendukung pembudayaan kegemaran membaca. "Melalui sosialiasi, promosi dan edukasi tentang wawasan kelautan, nantinya dapat berkembang perpustakaan di daerah yang sulit terjangkau seperti pesisir pantai, kepulauan terluar dan desa-desa lainnya," katanya.  
 
Jakarta, 3 Juli  2013
Kepala Pusat Data, Statistik dan Informasi
Pelaksana Tugas
 

 

Anang Noegroho
 
Narasumber:
1. Dr. Ir. Dedy H. Sutisna, MS
    Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia
2. Anang Noegroho
    Plt. Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi 
 

-- 

Pusat Data Statistik dan Informasi
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Gedung Mina Bahari I lantai 3A
JL. Medan Merdeka Timur No.16
Jakarta Pusat 10110
Telp. (021) 3519070 ext. 7440
Fax. (021) 3519133 
 

Untuk memberi komentar Anda harus login terlebih dahulu. Jika belum punya, silakan mendaftar di sini.

PUBLIKASI MAJALAH KKP
Jajak Pendapat

Menurut Pendapat Anda, apakah dengan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, seharusnya pembangunan berbasis kemaritiman?

Jumlah Pengunjung
1.084.961