Berita

PEMBEKALAN PENYULUH PERIKANAN TENAGA KONTRAK (PPTK) ANGKATAN III DI MAKASSAR-SULAWESI SELATAN
21/05/2008 - Kategori : Berita

Pelaksanaan kegiatan pembekalan Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK) Angkatan III bertempat di Hotel Delta Makassar, Sulawesi Selatan, pada tanggal 10 s/d 12 Mei 2008. Pada kegiatan pembekalan PPTK Angkatan III dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan KP, Dr.Ir. Iin Siti Djunaidah, M.Sc. Turut hadir pada acara pembukaan tersebut Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Pusbangluh-BPSDM KP, Wakil Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, dan Kepala SUPM Negeri Bone.
Dalam arahannya, Kepala Pusat Pendidikan KP berpesan kepada para peserta agar dapat : Memfasilitasi proses pembelajaran pelaku utama dan pelaku usaha, Memfasilitasi akses informasi, teknologi dan sumberdaya lain untuk pengembangan usaha, Meningkatkan kemampuan manajerial, kepemimpinan dan kewirausahaan, Menumbuhkembangkan organisasi sehingga memiliki daya saing tinggi, tata kelola yang baik dan berkelanjutan, Meningkatkan kesadaran atas lingkungan hidup, Melembagakan nilai-nilai budaya pembangunan kelautan dan perikanan yang maju, modern dan berkelanjutan, Mengembangkan model penyuluhan partisipatif untuk membangun pelaku utama maupun pelaku usaha yang mandiri dan mampu menolong dirinya sendiri, Memerankan diri sebagai pendamping, konsultan serta mitra kerja yang baik
Peserta kegiatan Pembekalan bagi PPTK Angkatan III berjumlah 50 org yang berasal dari 11 provinsi, 28 Kab/Kota yaitu Kab. Gresik 1 org, Kab. Tuban 1 org, Kota Surabaya 1 org, Kab. Penajam Paser Utara 2 org, Kab. Kutai Kartanegara 1 org, Kab. Boalemo 2 org, Kab. Gorontalo 2 org, Kab. Gorontalo Utara 1 org, Kab. Bone 3 org, Kab. Bulukumba 1 org, Kab. Takalar 2 org, Kab. Gowa 1 org, Kab. Pangkajene Kepulauan 3 org, Kab. Buton Utara 1 org, Kab. Luwu 1 org, Kab. Bombana 1 org, Kab. Konawe Utara 1 org, Kab. Muna 1 org, kab. Kendari 3 org, Kota Bitung 3 Org, Kab. Mamuju 2 org, Kab. Polewali Mandar 3 org, Kab. Seram Bagian Barat 1 org, Kota Ambon 2 org, Kota Ternate 3 org, Kab. Manokwari 2 org, Kab. Jayapura 3 org, dan Kab. Majene 2 org.
Pemberi materi pada pembekalan PPTK Angkatan III selain dari Pusbangluh BPSDM KP adalah dari Ditjen Perikanan Tangkap DKP , Ditjen KP3K DKP serta Wakil Kadis KP Provinsi Sulawesi Selatan yang memberikan materi pembekalan mengenai Pemberdayaan PPTK dalam Percepatan Implementasi Program dan Kegiatan di Daerah.
Pada kesempatan penutupan pembekalan bagi PPTK, Kepala Bidang Materi Penyuluhan BPSDM KP yang mewakili Kepala Pusat Pengembangan Penyuluhan menyampaikan kepada para peserta bahwa dalam sistem penyelenggaan penyuluhan perikanan terdapat 5 pilar penting yaitu : 1) Penyelenggaraan penyuluhan yang partisipatif, 2) Ketenagaan penyuluh perikanan yang profesional dan cukup jumlah,3) Kelembagaan penyuluhan yang Kondusif (Pusat-Desa), 4) Sarana dan Prasarana yang memadai, dan 5) Pembinaan dan Pengawasan yang berkesinambungan. Terkait dengan ketenagaan penyuluhan perikanan telah dilakukan rekruitmen PPTK oleh Pusbangluh sebanyak 400 orang pada awal tahun 2008 sebagai langkah kongkrit dalam rangka mengisi kekurangan tenaga penyuluh perikanan di Kabupaten/Kota.
Dengan selesainya pembekalan PPTK angkatan III maka hingga saat ini sudah 150 orang penyuluh perikanan tenaga kontrak yang telah siap melaksanakan penyuluhan kepada pelaku utama dan atau pelaku usaha dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pelaku utama dan atau pelaku usaha di bidang perikanan agar mereka tahu, mampu dan mau menerapkan teknologi/inovasi untuk peningkatkan produksi, produktifitas, pendapatan dan kesejahteraannya.

SUMBER : PUSBANGLUH-BPSDM KP
Jajak Pendapat

Menurut Pendapat Anda, apakah dengan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, seharusnya pembangunan berbasis kemaritiman?