Info Daerah

KABUPATEN DONGGALA DAN BALAI DIKLAT PERIKANAN AERTEMBAGA SEPAKATI KERJASAMA PENGEMBANGAN SDM KP.
03/08/2011 - Kategori : Info Daerah

KABUPATEN DONGGALA  DAN BALAI DIKLAT PERIKANAN AERTEMBAGA SEPAKATI KERJASAMA PENGEMBANGAN SDM KP.


Provinsi Sulawesi Tengah mempunyai wilayah perairan yang sangat luas yakni di pantai Barat ada selat Makasar serta di pantai timur ada Teluk Tomini, perairan laut Maluku dan teluk Tolo dengan luas wilayah laut 193.000 km2 dengan panjang garis pantai 4.013 km serta memiliki pulau-pulau kecil sebanyak 1.020 dengan Sepuluh Kabupaten serta satu Kota.

Potensi perikanan laut di Kabupaten Donggala adalah tersebar di Kecamatan Banawa, Banawa Selatan, Labuan, Tanantovea, Sindue, Sirenja, Balaesang, Balaesang Tanjung, Damsol, dan Sojol dan Sojol Utara dan memiliki wilayah pesisir dengan panjang pantai sekitar 400 km. Sedangkan untuk perikanan darat merata di semua kecamatan., kecuali Kecamatan  Pinembani. Data produksi perikanan di Kabupaten Donggala yang terdiri dari produksi  perikanan laut, perikanan di perairan umum dan perikanan hasil budidaya rakyat sejak tahun 2007 dari 11.819,84 ton, menjadi 12.920,01 ton tahun 2008, dan pada tahun 2009 naik lagi menjadi 14.327,37 ton.

Dalam rangka memanfaatkan potensi yang ada diperlukan SDM KP yang terampil dan mampu mengelola potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Donggala secara benar dan bertanggungjawab, sehubungan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Donggala dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Aertembaga Bitung melakukan kesepakatan kerjasama Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Donggala yang bertujuan untuk memprioritaskan peningkatan kualitas SDM Kelautan dan Perikanan baik nelayan, pengolah, pembudidaya dan aparatur melalui kegiatan pelatihan yang disiapkan oleh kedua belah pihak sesuai dengan kepentingan masing-masing.

Kesepakatan kerjasama ditandatangani oleh Bupati Donggala “Drs. H. Habir Ponulele, MM” dan Kepala Balai Diklat Perikanan Aertembaga Bitung “ Pola ST. Panjaitan, A. Pi,MM pada saat pembukaan pelatihan Penangkapan dengan Alat Tangkap Purse Seine bagi Nelayan Kabupaten Donggala yang turut disaksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Donggala, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Donggala beserta seluruh pejabat eselon III dan IV di lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Donggala.

Dalam kesepakatan kerjasama tersebut dituangkan rencana kerjasama untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan nelayan, pembudidaya, pengolah ikan maupun aparatur yang ada di Kabupaten Donggala, sedangkan ruang lingkup kerjsamanya mencakup pelaksanaan pelatihan teknis di bidang Kelautan dan Perikanan dengan jangka waktu kerjasama selama 5 (lima) tahun antara 2011 sampai 2015 dan dapat diperpanjang atas kesepakatan kedua belah pihak. Lebih lanjut diuraikan dalam perjanjian  kerjasama tersebut bahwa masing-masing pihak memiliki tugas dan tanggungjawab dalam menyiapkan paket-paket pelatihan dibidang kelautan dan perikanan sesuai dengan kemampuan masing-masing pihak.

Melalui upaya kerjasama ini diharapkan akan terwujud SDM KP yang terampil dan mampu memanfaatkan potensi sumber daya kelautan dan perikanan Kabupaten Donggala secara maksimal dan bertanggungjawab yang pada akhirnya besar harapkan kita semua dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan……semoga !!!

Humas BPPP Aertembaga


Jajak Pendapat

Menurut Pendapat Anda, apakah dengan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, seharusnya pembangunan berbasis kemaritiman?