Info Daerah

Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud dan Balai Diklat Perikanan Aertembaga Sepakati Kerjasama Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan.
20/04/2011 - Kategori : Info Daerah

Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud dan Balai Diklat Perikanan Aertembaga Sepakati Kerjasama Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan.

 
Secara administratif Kabupaten Kepulauan Talaud terdiri dari 19  Kecamatan, 11  Kelurahan, dan 142 Desa dengan jumlah penduduk 84.747 Jiwa (42.878 laki-laki dan 41.869 perempuan). Luas wilayah keseluruhan Kabupaten Kepulauan Talaud yakni 39.051,02 Km2 dengan luas daratan 1.251,02 Km2  (3,20% dari luas keseluruhan darat dan laut),  dan luas lautan 37.800,00 Km2 (96,80% dari luas keseluruhan darat dan laut), dengan 16 buah Pulau dimana 8 Pulau berpenghuni dan 8 Pulau tidak berpenghuni. Komoditas unggulan yang dimiliki pada potensi perikanan laut berupa ikan tuna, kerapu, layang dan cakalang.

Kabupaten Kepulauan Talaud yang juga sebagai beranda terdepan   NKRI  di kawasan Asia dan Pasifik dilandasi dan dipertegas dalam Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional, yang menyatakan bahwa Kabupaten Kepulauan Talaud adalah  Kabupaten Perbatasan antar Negara di Propinsi Sulawesi Utara.

Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan salah satu wilayah pengembangan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Aertembaga Bitung disamping keterbatasan infrastruktur juga ketersediaan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan berkualitas masih terbatas yang salah satunya disebabkan oleh letak geografis yang jauh dari Ibu Kota Provinsi dan berbatasan dengan negara tetangga (Fhilipina) dan sulit untuk dijangkau.

Bertitik tolak dari hal tersebut maka Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Drs. Costantein Ganggali, ME mewakili Pemerintah Daerah Kab. Kepulauan Talaud dan Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Aertembaga Bitung melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan di Kab. Kepulauan Talaud pada tanggal 7 April 2011 di Pulau Karatung Kec. Nanusa yang merupakan wilayah perbatasan dengan Negara Philipina. Penandatanganan dilakukan pada saat pembukaan pelatihan Juru Mudi dan Juru Motor bagi 60 (enam puluh) orang Nelayan di Pulau Karatung Kecamatan Nanusa Kab. Kepulauan Talaud yang turut disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Wakil Ketua DPRD, Kasubdit Pengawakan pada Ditjen P2SDKP Jakarta, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kep. Talud, Kepala Pangkalan Pengawasan SDKP Bitung, Adpel Bitung, Camat Nanusa, komandan koramil, Kepala Polsek serta masyarakat setempat yang hadir pada kesempatan tersebut.

Dalam perjanjian kerjasama tersebut dituangkan rencana kerjasama dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat perikanan baik Aparatur maupun bagi para Pengolah ikan, Pembudidaya dan Nelayan yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud. Sedangkan ruang lingkup kerjsama mencakup pelaksanaan pelatihan teknis di bidang Kelautan dan Perikanan dengan jangka waktu kerjasama selama 5 (lima) tahun antara 2011 sampai 2015 dan dapat diperpanjang serta diperluas atas kesepakatan kedua belah pihak. Lebih lanjut diuraikan dalam kerjasama tersebut bahwa masing-masing pihak memiliki tugas dan tanggung jawab.

Sedangkan seluruh pembiayaan yang ditimbulkan dalam pelaksanaan kerjasama tersebut ditanggung secara bersama/sharing sesuai dengan kemampuan masing-masing pihak.

Sumber : **Humas BPPP Aertembaga**

















Jajak Pendapat

Menurut Pendapat Anda, apakah dengan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, seharusnya pembangunan berbasis kemaritiman?