Riset

Sudahkah Anda Tahu?? Ikan Gulamah (Johnius trachycephalus)
16/04/2009 - Kategori : Riset

Sudahkah Anda Tahu??

Ikan Gulamah (Johnius trachycephalus)
Edisi April 2009 no. 1


Ikan Gulamah (Johnius trachycephalus Trewavas, 1977) atau Leaftail croaker, sinonim dari Corvina trachycephalus Bleeker (1851); Otolithoides siamensis Fowler (1934), termasuk dalam ordo Perciformes, familia Scinidae. Ikan ini terdistribusi di Pulau Sumatera, Kalimantan dan Thailand. Habitatnya di perairan pantai yang dangkal, estuaria dan sungai.  Bagian tubuh seperti kepala, badan, punggung, perut berwarna kekuningan. Semua bagian sirip mulai dari sirip punggung, sirip pectoral, sirip dubur dan ekor semuanya berwarna kuning.

Ikan gulamah mempunyai bentuk badan memanjang, seluruh bagian kepala tertutup sisik kecuali ujung moncong. Pada dagu tidak mempunyai janggut. Sirip punggung tidak terputus, dengan lekukan yang dalam antara bagian sirip yang berjari-jari keras dengan bagian sirip yang berjari-jari lemah. Tipe gelembung renangnya ottolithides. Gelembung renang ini berfungsi sebagai ruang resonasi untuk memperkeras suara yang dihasilkan oleh otot-otot di sekelilingnya. Suara ini keluar secara alami khususnya saat musim berkembang biak. Sirip ekor berbentuk lancet, seluruh badan dan kepala bersisik sikloid, 10-13 sisir saring pada lengung bawah insang. Termasuk jenis ikan omnivora namun lebih cenderung ke carnivora; pakan alaminya ikan kecil, udang, serasah. (Kottelat, et al., 1993).

Ikan ini menggunakan muara-muara sungai untuk berkembang biak dan memijah atau untuk pengasuhan anak.

Ikan gulamah sering tertangkap dengan jaring, jala, atau belad. Mempunyai nilai ekonomi sebagai ikan konsumsi dengan harga sedang yaitu berkisar antara  Rp.25.000/kg.


Narasumber: Tim Peneliti BRPPU
Penulis: Dina Muthmainnah, M.Si.

Badan Riset Kelautan dan Perikanan
Balai Riset Perikanan Perairan Umum

Jln. Beringin no. 8 Mariana Palembang-30763
Telp. 0711 7537194, Fax. 0711 7537205
Website: http://www.brppu.com
Email: brppu_palembang_dkp@yahoo.co.id; brppu@dkp.go.id

Penyunting: Dina Muthmainnah, M.Si. dan Nurwanti, S.IKom

Untuk memberi komentar Anda harus login terlebih dahulu. Jika belum punya, silakan mendaftar di sini.

PUBLIKASI MAJALAH KKP
Jajak Pendapat

Menurut Pendapat Anda, apakah dengan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, seharusnya pembangunan berbasis kemaritiman?

Jumlah Pengunjung
1.091.234