Membuat Aquascape

25 Februari 2013 | Ditulis oleh : Yoga Demas Komar

 

Sebuah sentuhan sederhana seni aquascape dapat merubah sebuah aquarium sederhana menjadi sebuah pemandangan menakjubkan. Dan luar biasanya lagi tumbuhannya bukanlah terbuat dari plastik tapi tumbuhan asli yang dapat tumbuh dan berkenbang.

Aquascape adalah adalah kegiatan yang lebih menekankan pada seni mengatur tanaman air, batuan fossil, kayu dalam sebuah box kaca (aquarium), sehingga membentuk tampilan yang indah. dalam aquascape lebih menitik beratkan pemeliharaan tanaman air dibanding yang lainnya karena ,bisa dibilang lebih cenderung seperti berkebun di dalam air, dan ikan yang tidak merusak tanaman air sebagai hiasan tambahannya maka dari itu pembuatan aquascape hampir seluruhnya menggunakan bahan bahan dari alam.

Karena lebih mengutamakan tanamannya, maka ikan yang dipilih untuk di dalam aquascape harus ikan yang tidak merusak tanaman (jangan pilih ikan jenis maskoki). 
Jumlah ikan juga harus diperhitungkan dengan jeli dan disesuaikan dengan jenis tanaman yang mendominasi aquascape (jenis tanaman merambat, membesar).
Selain ikan, ornamen yang bisa ditambahkan untuk menghias aquascape adalah ornamen berbentuk akar pohon yang sudah menjadi fosil. untuk menciptakan aquascape yang indah beserta perawatannya dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, dan pengetahuan mengenai kimia dan biologi.

Peralatan Yang Diperlukan

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->Aquarium

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->Lampu

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->Filter

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->Pasir (Substrat)

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->Pupuk Dasar / Pupuk Cair

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->Tanaman

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->Batu / Driftwood (kayu bakau)

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->Ikan

<!--[if !supportLists]-->·         <!--[endif]-->CO2 (opsional)

Cara Pembuatan

Seperti halnya sebuah karya seni lainnya, tidak ada ketentua khusus dalam pembuatan aquascape semuanya harus bersumber dari jiwa sang seniman. Tapi secara garis besar aquascape bisa dibuat dengan cata berikut:

LANGKAH PERTAMA:

Menyiapkan akuarium  yang sudah dibesihkan baik kuarium bekas atau akuarium yang baru dibuat.

 

LANGKAH KEDUA:

Taburkan pupuk dasar, pumice atau pasir malang. Tambahkan sedikit carbon active atau arang untuk mencegah nutrisi yang berlebihan dan mengurangi wabah algae pada saat pertama kali setup. Pupuk dasar diperlukan untuk tanaman yang bertumbuh kembang dengan akar, jika tanaman yang digunakan berupa moss, riccia atau tanaman lain yang tidak ditancap, maka penggunaan pupuk dasar boleh diabaikan.
<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->

LANGKAH KETIGA:

Gunakan pasir malang kasar / atau pumice sebagai pembatas sekaligus tempat tinggal bakteri dan tempat pengakaran, substrate yang terlalu padat akan membuat tanaman tidak dapat bernafas dan berakar yang berujung pada pembusukan akar dan kematian tanaman.

LANGKAH KE EMPAT:

Tambahkan pasir sebagai media paling atas, gunakan pasir ukuran 2-3mm untuk membantu pengakaran tanaman dan memudahkan proses menanam. Pasir yang terlalu kasar akan susah ditanami, pasir yang terlalu tajam akan melukai akar tanaman dan membuat busuk. Gunakan pasir yang telah dicuci dengan bersih agar mengurangi kemungkinan kotornya aquarium dengan partikel atau debu.

LANGKAH KE LIMA:

Silahkan mengatur hardscape / layout dari aquascape. Batu dan kayu akan memberikan kesan yang lebih alami dan memungkinkan untuk membuat titik fokus dari aquascape.
Tanaman silahkan disesuaikan dengan hardscape. Batu-batu jangan disebar di seluruh aquarium, tetapi buatlah kombinasi dan berikan kedalaman maksimal untuk tata letak.
Waspadai ketinggian batu, jika Anda menempatkan batu kecil agar tidak tertutup oleh tanaman, batu batu yang terlalu besar tidak memberikan efek kedalaman yang diinginkan.
<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->

LANGKAH KE ENAM:

Pilihan tanaman harus dilakukan sesuai dengan ukuran dan tata letak layout. Untuk tata letak ini saya memilih tanaman kecil karena ukuran aquarium yang mini.
Gunakan pinset untuk memudahkan proses tanam. Bagi tanaman dalam porsi kecil kemudian tancapkan kedalam substrate / pasir atau diikatkan ke kayu (tergantung jenis tanaman). Pemisahan tanaman pada porsi kecil dan merata akan membuat tanaman lebih cepat menyebar daripada menanamnya dalam jumlah besar pada titik tertentu. Jika telah selesai menanam isi air pelan pelan agar hardscape tidak rusak.
<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->

HASIL AKHIR :

Tunggu beberapa saat (maksudnya beberapa minggu/bulan) selanjutnya masukan berbagai jenis ikan yang cocok dengan tanaman aquascape