PROSEDUR EKSPOR IKAN HIAS

21 Mei 2012 | Ditulis oleh : Asep Nasrulloh

 

MEKANISME  EKSPOR IKAN HIAS

MELALUI CARGO UDARA

 

I.              PEMESANAN PENERBANGAN

-       Telpon, Email / Fax Ke Agen Airlines

-       Pemesanan minimal 4 Hari Sebelum Hari Pengiriman

 

II.            KONFIRMASI

-       Eksportir akan mendapatkan air way bill (AWB) atau surat muat udara (SMU) dan konfirmasi penerbangan dari agen airlines

-       Awb & konfirmasi penerbangan harus diinformasikan ke importer untuk importir konfirmasi ke Agen Airlines di negara tujuan

 

III.           PRA DOKUMEN

-       Pengirim harus memberikan standar dokumen seperti : draft awb, faktur, daftar packing, dan certificate of origin (COO)

-       Pengirim dokumen bisa melalui fax / email sebelum barang dikirim

-        

IV.          PEMERIKSAAN

-       Laporan ke karantina ikan setidaknya 2 hari sebelum hari pengiriman untuk inspeksi.

-       Memberikan contoh (jika diperlukan)

-       Untuk ikan hias jenis godfish harus laporan ke karantina ikan setidaknya 4 hari sebelum hari pengiriman. Ini untuk vcr / khv inspeksi.

 

V.            DOKUMEN KHUSUS

-       Jika ada dokumen khusus yang dilampirkan Eksportir harus aktif memberitahukan kepada importir.

 

VI.          SHIPPING DAY

-       Regulated Agent

-       Pengiirim harus sudah siap dengan barang yang akan dikirim di gudang atau cargo penerbangan yang sudah dipesan minimal 5 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

-       Ikan akan diperiksa kembali oleh petugas karantina ikan yang ada di Bandara supaya mendapatkan Sertifikat kesehatan ikan yang dikeluarkan oleh Karantina Ikan yang ada di Bandara.

-       Ada beberapa jenis ikan yang memerlukan dokumen khusus dalam pengiriman seperti jenis karang, Tanaman Air  (Karantina Tumbuhan) dan Arowana

 

VII.              KESEHATAN SERTIFIKAT

-       Jika semuanya layak (tidak ada hama atau penyakit ikan) Petugas karantina ikan akan menerbitkan sertifikat kesehatan ikan, akan tetapi jika ikan yang diperiksa terdapat hama dan penyakit maka petugas karantina ikan akan menolak semua ikan untuk di ekspor.

-       Pengirim mengisi formulir yang disediakan oleh petugas karantina ikan seperti nama perusahaan/perorangan pengirim, nama importir, jumlah ikan yang dikirim dan jenis ikan yang dikirim.

 

VIII.            CUSTOM

-       Pengirim harus mengisi formulir PEB untuk memeriksa custom

-       Custom akan approve semua informasi dan tindak untukpemeriksaan oleh karantina ikan

 

IX.                GUDANG/CARGO

-       Ikan harus masuk ke gudang atau cargo 5 Jam sebelum keberangkatan pesawat.

 

X.            Dokumen asli harus dilampirkan bersama barang ayang akan dikirim seperti Air Way Bill (AWB/Surat Muat Udara), Faktur, Facking List, Certificate Of Origin, Sertifikat Kesehatan Ikan, dan dokumen khusu lainnya seperti Cites, SAT-LN/Surat angkut luar negeri (Jika diperlukan), dan semua harus di cap/stempel dari masing-masing instansi yang mengeluarkan.

XI.          PENGIRIMAN DOKUMEN

-       Eksportir akan mendapatkan copy dokumen asli: awb, faktur, daftar packing, sertifikat asal, sertifikat kesehatan dan dokumen khusus (jika diperlukan)

-       Semua copy dari original harus dikirim oleh fax atau email ke importir Negara tujuan..